Rabu, 02 April 2014

Tips Memilih Perhiasan Emas dan Berlian

  


http://tokoperhiasan.com/wp-content/uploads/2011/11/Memilih-Perhiasan-Emas-dan-Berlian.jpg

      Perhiasan cincin emas atau kalung, anting, gelang memang menjadi perlengkapan yang terutama diinginkan oleh kaum wanita. Dalam memilih perhiasan emas dan berlian sebaiknya membeli di toko perhiasan resmi misalnya di mall. Memang harganya lebih mahal namun kualitas lebih terjamin. Dan lagi toko yang jual perhiasan berlian tersebut akan memberikan sertifikat sebagai jaminan keasliannya. Setiap membeli perhiasan emas atau berlian pembeli memang harus meminta nota pembelian atau sertifikat jika ada. Hal ini akan mempermudah jika suatu saat akan menjual perhiasan tersebut.

         Model perhiasan emas memang bermacam-macam, pilihlah sesuai dengan selera. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam membeli perhiasan cincin emas dan perhiasan lainnya dari emas. Pertama adalah kemurnian emas tersebut. Kemurnian diukur dengan karat, semakin besar karatnya semakin murni emas tersebut. Emas 24 karat misalnya merupakan emas murni tanpa campuran logam lain. Perhiasan dengan emas murni ini tidak akan menimbulkan alergi kulit pada pemakainya. Namun biasanya emas 24 karat ini sifatnya lebih lunak sehingga harus dirawat dengan baik. Emas 22 karat bisa menjadi alternatif karena campuran dengan logam lain membuat perhiasan tersebut lebih kuat dan awet serta masih termasuk aman untuk orang yang punya alergi kulit.

        Untuk memilih perhiasan yang memiliki berlian maka perhatikan warna, karat dan cara pemotongan berlian tersebut. Dari sisi warna, berlian dengan jenis D adalah yang paling bagus dibandingkan jenis H atau G. Jenis D merupakan berlian yang tanpa warna atau bening. Namun jika berlian itu dipadukan dengan emas perhiasan maka pilihlah berlian yang sedikit berwarna kuning. Karena emas yang berwarna kuning mengakibatkan warna berlian itu menjadi tidak terang. Namun jika dipasang berlian yang sedikit kuning maka berlian akan tampak lebih indah karena kilaunya jadi lebih tampak.

        Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam membeli perhiasan yang memiliki berlian adalah karat berlian tersebut. Semakin besar karat berlian maka semakin mahal. Untuk perhiasan sebaiknya pilihlah berlian dengan karat di bawah 0,5 karat. Berlian di atas 0,5 karat biasanya digunakan untuk investasi. Dari sisi cara pemotongan berlian, pilihlah bentuk berlian yang tidak terlalu dalam dan tidak terlalu pendek. Potongan berlian ini akan menentukan pantulan cahaya yang dihasilkan. Saat membeli berlian pasti akan mendapat sertifikat yang menunjukkan karat, kemurnian dan jenis warna dari perhiasan berlian tersebut. Toko yang jual perhiasan berlian biasanya juga akan membuktikan keaslian berlian yang dijualnya dengan suatu alat deteksi. Dengan demikian, pembeli akan yakin keaslian berlian itu.

Link: http://tokoperhiasan.com/tips-perhiasan/tips-memilih-perhiasan-emas-dan-berlian/

1 komentar: