1. Pengembangan pemasaran itu sendiri didukung oleh beberapa faktor, diantaranya penentuan harga jual yang telah kita bahas dalam artikel sebelumnya. Selain harga jual untuk memastikan keberhasilan suatu pemasaran salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan adalah segmentasi pasar.
2. Menentukan segmentasi pasar adalah langkah yang harus dilakukan sebelum Anda menjual suatu produk dijual ke pasar. Hal tersebut terkait dengan penentuan sasaran yang dinilai prospektif dalam strategi pemasaran. Penentuan segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa konsumen yang prospek menjadi bagian kecil. Secara umum, ada beberapa panduan yang digunakan dalam menentukan segmentasi pasar yaitu terdiri atas :
a. Berdasarkan Karakter Psikografi
Antara masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan
memiliki gaya hidup yang berbeda. Masalah gaya hidup masyarakat di suatu
daerah juga merupakan salah satu faktor penentuan segmentasi pasar
berdasarkan gaya hidup. Pada dasarnya suatu komunitas masyarakat
memiliki suatu karakter khusus yang tidak dimiliki oleh komunitas lain.
Keberadaan karakter tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat.
Realitas seperti itu dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena
segala penampilan dan gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan
komoditas. Misalnya, kita berada pada komunitas bikers yagn sedang
booming akhir-akhir ini. Komoditas yang terkait dengan kegiatan tersebut
merupakan peluang. Komoditas tersebut dapat berupa accesoris sepede,
komponen dan lain sebagainya.
b. Berdasarkan Karakter Demografi
Salah satu faktor penentuan segmentasi yang memiliki
prospek terbaik adalah segmentasi berdasarkan umur konsumen. Penentuan
pasar akan dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam
mengonsumsi suatu produk. Dengan gambaran tersebut maka konsumen akan
terpisah menjadi bagian-bagian yang kecil. Di mana setiap bagian kecil
tersebut memiliki peluang kesuksesan yang sama. Namun, Anda harus
menentukan konsumen dengan kisaran umur yang menjadi sasaran pemasaran.
Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan mengacu produk
dan umur.
c. Berdasarkan Karakter Geografi
Penentuan segmentasi pasar berdasarkan kekhasan suatu
daerah yaitu produk yang disukai oleh suatu masyarakat terkait
keberadaannya di suatu daerah merupakan peluang bagus bagi pebisnis.
Salah satunya, terkait perdagangan produk furnitur. Jika Anda
mendapatkan pesanan dari suatu daerah maka Anda harus menyesuaikan
konsep pesanan tersebut dengan kekhasan daerah tersebut.
d. Berdasarkan Karakter Variabel Penggunaan Produk
Penentuan berdasarkan karakter variabel penggunaan
produk, pada prinsipnya penentuan segmentasi pasar kali ini dikaitkan
dengan gejala yang ada di masyarakat. Saat ini kebutuhan akan produk
Teknologi dan komunikasi merupakan kebutuhan penting bagi sebagian besar
masyarakat, terutama dikota-kota besar. Selain itu, alat komunikasi
tersebut dinilai memiliki arti penting. Namun, dibalik realitas seperti
itu terdapat suatu tren. Tren tersebut terkait dengan penggunaan salah
satu merek/produk tertentu.
Setelah membaca ulasan di atas, semoga dapat menjadi panduan bagi Anda untuk lebih mendukung perkembangan bisnis Anda.
sumber: http://binaukm.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar