Jumat, 06 April 2012

kuis tentang ruang lingkup ekonomi

Soal :
  1.  Jelaskan tentang definisi dari ekonomi dan perekonomian (Minimal 3 definisi ) ? 
  2.   Apa saja yang menjadi masalah pokok dalam ekonomi ? jelaskan ! 
  3.  Bagaimana masalah pokok ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme  harga
  4. Apa yang dimaksud dengan system perekonomian ? 
  5.  Jelakan system ekonomi yang berkembang saat ini ?
Jawab :

1.      Pengertian ekonomi dan perekonomian menurut beberapa ahli:
-          Adam Smith
Ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
-          Abraham Maslow
  Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien
-          Paul A. Samuelson
   Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

2.      Masalah-masalah pokok dalam ekonomi
-          What
Terkait  kebutuhan apa yang paling mendesak bagi masyarakat saat ini . Jika masyarakat menginginkan suatu barang tertentu, maka diproduksilah barang tersebut, sehingga hasil produksi bisa terserap oleh masyarakat dan jumlah barang yg diproduksi sesuai dengan target .
-          How
How berkaitan dengan teknik bagaimana menghemat sumber daya untuk menghasilkan produksi yang maksimal. Misalnya dengan menggantikan produksi manual dengan produksi secara mesin.
-          For whom
For whom menyangkut siapa yang akan memakai barang hasil produksi, misalnya ada barang yang khusus untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, kemudian barang khusus untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah dan seterusnya.
3.     Masalah ekonomi dapat mempengaruhi mekanisme harga karena kalau barang yang diproduksi sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat harga barang itu semakin naik karena membutuhkan bahan baku yang semakin hari semakin sedikit karena digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu untuk memproduksi barang secara masal dibutuhkan mesin yang harganya tidak murah.
4.  Sistem perekonomian adalah suatu susunan dari unsur-unsur ekonomi yang saling berhubungan dan bekerjasama sebagi satu kesatuan untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terpenuhinya kebutuhan yang bersifat materi.
5.      Sistem ekonomi yang aberkembang saat ini
-          Sisten ekonomi tradisonal
Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat tradisional secara turun temurun dengan hanya mengandalkan alam dan tenaga kerja.
-          Sistem ekonomi liberal / pasar
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.

-          Sistem ekonomi komando / terpusat
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi.
-          Sistem ekonomi campuran
Sistem ekonomi campuran merupakan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan masalah ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar