Senin, 03 Desember 2012

Artikel Menggunakan EYD

Teh Hijau Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

image
WANITA yang secara teratur minum teh hijau cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus besar, perut dan tenggorokan.

Demikian hasil sebuah studi ilmuwan Kanada terhadap 69.000 wanita China selama lebih dari satu dekade.

Para peneliti menemukan bahwa responden yang minum teh hijau setidaknya tiga kali dalam seminggu, memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker sistem pencernaan.

"Dalam studi besar ini, konsumsi teh dipertalikan dengan berkurangnya risiko kolorektal dan kanker perut esophageal pada wanita," kata Wei Zheng, pemimpin studi yang juga mengepalai bidang epidemiologi di Vanderbilt University school of Medicine di Nashville.

Dalam penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini, peneliti mengumpulkan informasi tentang pola makan, kebiasaan berolahraga, dan perubahan berat badan, serta sejarah medis responden.

Untuk studi ini, dia dan rekan-rekannya menggunakan data dari 69.000 wanita China. Tercatat, 19.000 di antara responden biasa meminum teh hijau lebih dari tiga kali seminggu.
Dr Zheng mengatakan, meskipun hasil studi tidak dapat membuktikan penyebab dan efek langsung teh hijau, namun dia menekankan bukti kuat dari laboratorium penelitian bahwa teh hijau berpotensi melawan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar