Kamis, 28 November 2013

Etika Dalam Berkomunikasi di Era Sosial Media

Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Sebagai mahluk sosial pelaku internet memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan kehormatan dalam pergaulan komunitas dunia maya. Setiap lingkungan punya nilai etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati. 
 
*  Pentingnya Etika di Dunia Maya
Hadirnya internet dalam kehidupan manusia telah membentuk komunitas masyarakat tersendiri. Suratmenyurat yang dahulu dilakukan secara tradisional (merpati pos atau kantor pos) sekarang bisa dilakukan hanya dengan duduk dan mengetik surat tersebut di depan komputer. Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memilik budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda- beda.
  2. Pengguna internet merupakan orang–orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  3. Pengguna internet merupakan orang–orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi. 
  4. berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal – hal yang tidak seharusnya dilakukan. 
  5. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya “penghuni” baru di dunia maya tersebut. 
    - Etika Bertanya Dalam Sebuah Forum
    Suryaningsih (2010) mengemukakan bahwa terdapat aturan-aturan yang perlu diperhatikan bagi anggota sebuah forum atau millis, yaitu :
    1. Menggunakan bahasa yang sopan.
    2. Jangan mengasumsikan bahwa setiap anggota forum berhak mendapatkan jawaban. 
    3. Memberi judul yang sesuai dan deskriptif. 
    4. Menjelaskan masalah secara detil berikut dengan data yang ada. INGAT bahwa para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses komputer anda, jadi sumber informasi mereka hanya dari tulisan anda saja. Maka buatlah tulisan tersebut selengkap dan sedetail mungkin. 
    5. Membuat agar e-mail informatif dan tidak asal panjang lebar. melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat e-mail menjadi sangat panjang justru akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab emai. 
    6. Menulis pertanyaan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa seorang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya untuk menanggapi email tersebut
    7. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain. 
    8. Menjelaskan dan memaparkan masalahnya 
    9. Membuat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab. Setelah pertanyaan terjawab/masalah terselesaikan, perlu dikirim satu e-mail/tulisanlagi ke forum yang menjelaskan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain akan memberi manfaat serta kemudahan.